Kamis, 01 Februari 2018

Cara Riging Di Blender


CARA RIGING PADA APLIKASI BLENDER 

  Riging itu apa sih ? Riging adalah isyarat atau perumpamaan dalam blender untuk menambahkan tulang atau dalam bahasa blender adalah Singgle Bone . Untuk apa sih singgle bone itu ? Singggle bone atau penulangan berguna untuk menggerakkan objek animasi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender . Bagaimana sih cara pembuatannya ? Mari bersama - sama baca artikel di bawah ini . 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut  :
1.     Buka dulu aplikasi blender di komputer atau laptop , jika belum ada aplikasi blender maka instal dahulu aplikasinya di laptop atau komputer anda .
2.     Pada menu face blender utama arahkan kursor pada menu bar ( Add => mesh => cyube) . Atau bisa dengan cara lain yaitu tekan ( sift + A) pada keyboard .
3.     Potong bentuk kubus dengan menekan tombol (CTRL + R) , akan muncul garis berwarna pink dan posisikan garis tersebut untuk memisah bagian tangan dan kakinya . Lakukan perintah tersebut setelah anda berada pada menu editmode .
4.     Sesuaikan garis untuk membentuk tangan dan kaki . Masih di menu edit mode tetapi menggunakan Vertices/garis untuk menyeleksi mana bagian yang ingin di posisikan untuk membuat tangan dan kaki .
5.     Bentuklah objek mirip dengan aslinya , walaupun sederhana tetapi usahakan semirip mungkin , bentuklah tangan memanjang ke kanan dengan menekan tombol ( E ) dan setarakan panjangnya lalu klik kiri pada mouse . langkah untuk membuat kaki juga sama
6.     Exstrude bagian tangan menyerupai bagian siku untuk menggabungkan tulang atas dan tulang bawah nantinya , pembuatan kaki juga sama .
7.     Kemudian Skala objek untuk agak memipihkan bagian agar tidak terlihat terlalu lebar , skala sengan menggunakan ( CTRL + X , CTRL + Y , dan CTRL + Z ).
8.     Untuk membuat kepalanya langkah yang paling mudah adalah dengan menambahkan bulatan yang telah tersedia di menu ( Add => Mesh => UV shpere ) .
9.     Jika kepala sudah berada dalam posisi , gabungkan antara objek kepala dengan objek badannya , tetapi sebelum itu pergi ke menu objek mode dahulu untuk memudahkan dalam menyeleksi objek .
10. Seleksi objek dengan menekan ( SHIFT ) dan klik objek dengn mouse , setelah itu tekan join di pengaturan kiri blender tepatnya pada kata (JOIN) .
11. Objek akan selalu bergabung antara kepala dan bagannya jika dipindahkan . Itu merupakan fungsi dari join .
12. Untuk menggerakkan objek , diperlukan adanya tulang . Tulang yang dimagsud di sini adalah BONE .
13. Tambahkan Bone dengan cara klik ( Add => Armature => Bone  ) .
14. Agar Bone / Tulang terlihat di dalam badan objek beri tanda pada (X-Ray) dalam opstion Armature atau yang berbentuk ikon stikman berwarna putih .
15. Posisikan tulang dengan tepat ( tidak melenceng di depan atau di belakang objek ) , pastikan bone tetap di dalam objek.
16. Extrude bone dan posisikan seperti bagian tubuh sungguhan , dengan menekan tombol ( E ) lalu posisikan .
17. Atur bone ke posisi yang benar dan pastikan lagi di dalam tubuh objek .
18. Tampilan akhir bone setelah tersebar ke seluruh bagian tubuh . bone ini sudah di dalam objek hanya saja masih di X-Ray dan belum di dalam badan .

19. Join bagian tulang / Bone dengan tubuh . Dengan select di bone dan tekan shift lalu select di tubuh , setelah keduanya terselect lalu tekan ( JOIN ) .
20. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol ( CTRL + P ) lalu klik with automatic weight untuk dapat menggerakkan objeknya .
21. Contoh pergerakan setelah proses bone berakhir adalah sebagai berikut .

22. Untuk agak menghaluskan objek , klik add modifier dan pilih subdifision surface .



23. Tambahkan viewnya menjadi 3 atau lebih banyak lagi .
24. Maka objek akan berubah mentuk menjadi lebih halus .

Jangan lupa kunjungi artikel lainya , subcribe / langganan dan baca - baca artikel lainnya yang semoga bermanfaat .
Sekian Sharing yang semoga bermanfaat .
Selamat mencoba !!!
Salam Pelajar :):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar