CARA RIGING PADA APLIKASI BLENDER
Riging itu apa sih ?
Riging adalah isyarat atau perumpamaan dalam blender untuk menambahkan tulang
atau dalam bahasa blender adalah Singgle Bone . Untuk apa sih singgle bone itu
? Singggle bone atau penulangan berguna untuk menggerakkan objek animasi yang
dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender . Bagaimana sih cara pembuatannya ?
Mari bersama - sama baca artikel di bawah ini .
Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut :
1.
Buka dulu aplikasi
blender di komputer atau laptop , jika belum ada aplikasi blender maka instal
dahulu aplikasinya di laptop atau komputer anda .
2.
Pada menu face
blender utama arahkan kursor pada menu bar ( Add => mesh => cyube) . Atau
bisa dengan cara lain yaitu tekan ( sift + A) pada keyboard .
3.
Potong bentuk kubus
dengan menekan tombol (CTRL + R) , akan muncul garis berwarna pink dan
posisikan garis tersebut untuk memisah bagian tangan dan kakinya . Lakukan
perintah tersebut setelah anda berada pada menu editmode .
4.
Sesuaikan
garis untuk membentuk tangan dan kaki . Masih di menu edit mode tetapi menggunakan
Vertices/garis untuk menyeleksi mana bagian yang ingin di posisikan untuk
membuat tangan dan kaki .
5.
Bentuklah
objek mirip dengan aslinya , walaupun sederhana tetapi usahakan semirip mungkin
, bentuklah tangan memanjang ke kanan dengan menekan tombol ( E ) dan setarakan
panjangnya lalu klik kiri pada mouse . langkah untuk membuat kaki juga sama
6.
Exstrude
bagian tangan menyerupai bagian siku untuk menggabungkan tulang atas dan tulang
bawah nantinya , pembuatan kaki juga sama .
7.
Kemudian
Skala objek untuk agak memipihkan bagian agar tidak terlihat terlalu lebar ,
skala sengan menggunakan ( CTRL + X , CTRL + Y , dan CTRL + Z ).
8.
Untuk
membuat kepalanya langkah yang paling mudah adalah dengan menambahkan bulatan
yang telah tersedia di menu ( Add => Mesh => UV shpere ) .
9.
Jika
kepala sudah berada dalam posisi , gabungkan antara objek kepala dengan objek
badannya , tetapi sebelum itu pergi ke menu objek mode dahulu untuk memudahkan
dalam menyeleksi objek .
10.
Seleksi
objek dengan menekan ( SHIFT ) dan klik objek dengn mouse , setelah itu tekan
join di pengaturan kiri blender tepatnya pada kata (JOIN) .
11.
Objek
akan selalu bergabung antara kepala dan bagannya jika dipindahkan . Itu
merupakan fungsi dari join .
12.
Untuk
menggerakkan objek , diperlukan adanya tulang . Tulang yang dimagsud di sini
adalah BONE .
13.
Tambahkan
Bone dengan cara klik ( Add => Armature => Bone ) .
14.
Agar
Bone / Tulang terlihat di dalam badan objek beri tanda pada (X-Ray) dalam
opstion Armature atau yang berbentuk ikon stikman berwarna putih .
15.
Posisikan
tulang dengan tepat ( tidak melenceng di depan atau di belakang objek ) ,
pastikan bone tetap di dalam objek.
16.
Extrude
bone dan posisikan seperti bagian tubuh sungguhan , dengan menekan tombol ( E )
lalu posisikan .
17.
Atur
bone ke posisi yang benar dan pastikan lagi di dalam tubuh objek .
18.
Tampilan
akhir bone setelah tersebar ke seluruh bagian tubuh . bone ini sudah di dalam
objek hanya saja masih di X-Ray dan belum di dalam badan .
19. Join bagian tulang / Bone dengan tubuh . Dengan select di
bone dan tekan shift lalu select di tubuh , setelah keduanya terselect lalu
tekan ( JOIN ) .
20. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol ( CTRL + P )
lalu klik with automatic weight untuk dapat menggerakkan objeknya .
21. Contoh pergerakan setelah proses bone berakhir adalah
sebagai berikut .
22. Untuk agak menghaluskan objek , klik add modifier dan pilih
subdifision surface .
23. Tambahkan viewnya menjadi 3 atau lebih banyak lagi .
24. Maka objek akan berubah mentuk menjadi lebih halus .
Jangan lupa kunjungi artikel lainya , subcribe / langganan dan baca - baca artikel lainnya yang semoga bermanfaat .
Sekian Sharing yang semoga bermanfaat .
Selamat mencoba !!!
Salam Pelajar :):)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar